Headlines News :

Home » , , , » Dikriminalisasi, KPK Tak Gentar Usut Simulator SIM

Dikriminalisasi, KPK Tak Gentar Usut Simulator SIM

Posted By IKADI Minas on Sabtu, 06 Oktober 2012 | 08.10


foto
Abraham Samad, dan Bambang Widjojanto. TEMPO/Seto Wardhana
Jakarta- Meskipun para penyidiknya dikriminalisasi, Komisi Pemberantasan Korupsi menegaskan tak akan mundur untuk mengusut kasus korupsi simulator alat uji surat izin mengemudi. "Kami akan tetap mengusutnya sampai tuntas," kata Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto, Sabtu dini hari, 6 Oktober 2012.

Dalam kasus simulator SIM, KPK menetapkan dua jenderal polisi aktif sebagai tersangka, Inspektur Jenderal Djoko Susilo dan Brigadir Jenderal Didik Purnomo. Ada lagi dua orang dari swasta yang dijadikan tersangka, Direktur Utama PT Citra Mandiri Metalindo Budi Susanto, dan Direktur Utama PT Inovasi Teknologi Indonesia Sukotjo S Bambang.

Dalam kasus serupa, Polri berkukuh ikut menyidiknya dengan menetapkan lima tersangka. Mereka adalah Didik Purnomo, Ajun Komisaris Besar Teddy Rusmawan, Komisaris Legimo, Budi Susanto, dan Sukotjo Bambang.

Gara-gara kasus ini, hubungan antara KPK dan Polri memanas. Sebab kedua lembaga sama-sama berkukuh mengusut proyek berbiaya Rp 196 miliar tersebut.

Pada Jumat kemarin, KPK memeriksa Djoko. Komisaris Novel Baswedan adalah penyidik yang memeriksa Djoko tersebut. Lalu tiba-tiba, Novel dituduh melakukan penganiayaan terhadap enam pencuri walet sehingga menyebabkan meninggal pada 2004. Kala itu, Novel menjabat Kepala Satuan Reserse Kriminal pada Polres di Polda Bengkulu.

Novel mengatakan kasus tersebut adalah bentuk rekayasa. Bambang menyebutnya sebagai upaya kriminalisasi terhadap penyidik KPK.

Ketua KPK Abraham Samad mengatakan komisi antikorupsi itu akan mengusut kasus tersebut sampai tuntas kepada siapa pun yang terlibat.

tempo.co
Bagi ke teman..

Komentar anda tentang "Dikriminalisasi, KPK Tak Gentar Usut Simulator SIM"..!

 
Ikadi Minas © 2012. All Rights Reserved. Our materials may be copied, printed and distributed, by referring to this site. Powered by Tarqiyah Group