Produk halal makin laris saja di Amerika. Associated
Press mencatat pasar produk-produk halal di dunia kini mencapai
setengah miliar dolar per tahun.
Di Amerika, merek Saffron Road menjadi merek produk halal pertama
yang diterima luas secara nasional dan dijual di jaringan supermarket
negara ini. Whole Foods telah menyediakan produk-produk halal di lorong
khusus – bersama produk-produk kosher. Sementara jaringan McDonalds dan
Wal-Mart memperkenalkan produk-produk halal di lokasi-lokasi tertentu
seperti Dearborn dan Michigan, di mana permintaan produk tersebut sangat
tinggi.
Menurut Adnan Durrani – ketua sertifikasi halal “American Halal”
induk perusahaan yang mengeluarkan merk Saffron Road, peningkatan ini
terutama terjadi karena kini lebih banyak warga – tidak hanya warga
Muslim – yang bersedia membayar produk-produk yang 100 persen alami,
bebas antibiotik dan organik. Produk-produk ini secara tidak langsung
diperoleh dengan mengikuti pakem atau aturan dalam hukum Islam.
Di AS kini supermarket juga mulai menyediakan produk-produk halal.
​​Jika dulu hanya supermarket di Prancis seperti Tesco,
Sainsburry, Metro dan Carrefour – yang menjual produk-produk halal, maka
kini beberapa supermarket di Amerika ikut melakukan hal serupa.
Wal-Mart, Costco, Shoprite, SuperValue, Giant dan Whole Foods juga mulai
menjual produk-produk halal.
Sejumlah toko eceran juga mulai mengikuti, seperti “Bismillah Halal
Meat Market” yang dikelola Amanullah di Hyattville – Maryland.
Setiap tiga hari sekali, toko ini mendatangkan 70 ekor kambing dan
domba, serta tujuh ekor sapi untuk disembelih sesuai aturan Islam. Ini
merupakan jumlah yang cukup besar untuk bisnis daging halal yang
dikelola toko ini.
Menurut Javid Malik – pemilik “Bismillah Halal Meat Market” yang
berasal dari Pakistan, bisnis ini dikembangkannya dari pemilik
sebelumnya, yang menjual toko tersebut kepadanya.
Lebih jauh profesor bidang teknologi informasi ini mengatakan bahwa
makanan dan kebutuhan sehari-hari juga dijual di toko ini, tetapi daging
halal merupakan bisnis utama. Yang menarik pelanggannya ternyata bukan
hanya warga Muslim, tapi juga warga non-Muslim.
Menurut rencana “Bismillah Halal Meat Market” dalam waktu dekat juga
akan mengembangkan bisnis restoran halal yang pastinya akan disambut
hangat masyarakat.
REPUBLIKA.CO.ID,